Wordpress

Fitur Baru Akun WhatsApp Membuat Pengguna Lebih Aman

Akun Whatsapp

Jakarta – Akun WhatsApp terus mengembangkan fitur baru untuk meningkatkan keamanan dan privasi pengguna di platformnya.

Salah satunya adalah fitur kode verifikasi duplikat yang saat ini sedang dalam pengembangan.

Saat ini, pengguna WhatsApp yang ingin login ke akunnya di ponsel lain pasti akan di minta memasukkan enam digit kode verifikasi yang akan di kirimkan ke nomornya.

Menurut laporan WABetaInfo, proses ini akan di tingkatkan dengan fitur kode verifikasi duplikat.

Saat fitur di luncurkan, pengguna WhatsApp yang berhasil masuk ke akun mereka pada upaya pertama akan di minta untuk memasukkan kode verifikasi enam digit kedua, yang akan di kirim melalui SMS ke nomor pengguna.

Pengguna juga akan menerima notifikasi bahwa nomor mereka telah di gunakan untuk mengakses aplikasi ini di ponsel lain, beserta petunjuk langkah selanjutnya.

“Untuk memastikan akun Anda berada di bawah kendali Anda, Anda perlu mengonfirmasi kode verifikasi lain,” tulis WhatsApp dalam notifikasinya, di kutip dari WABetaInfo, Minggu (6/5/2022).

“Untuk keamanan ekstra, Anda harus menunggu hingga penghitung waktu berakhir sebelum Anda dapat mengirim kode. Ketika Anda menerima kode, masukkan di sini.”

WABetaInfo mengatakan bahwa fitur ini tampaknya di kembangkan oleh WhatsApp untuk membantu pengguna agar akun mereka tidak mudah di curi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Biasanya, scammer yang ingin mencuri akun WhatsApp seseorang mencoba masuk menggunakan nomor telepon korban dari ponsel lain dan mengelabui korban agar memberikan kode verifikasi enam digit, yang di kirimkan ke nomor korban.

Padahal kode verifikasi WhatsApp seperti one-time password (OTP) lainnya tidak boleh di bagikan kepada orang lain karena merupakan kode rahasia.

Fitur Baru Akun Whatsapp

Fitur baru ini semakin mempersulit scammers yang ingin mencuri akun WhatsApp pengguna.

Jika scammer berhasil mendapatkan kode verifikasi pertama, pengguna akan menerima pesan kedua dengan kode verifikasi lain dan peringatan bahwa ada orang lain yang mencoba mengakses akun mereka.

Pengguna yang menerima peringatan menyadari risiko pencurian akun, sehingga mereka akan lebih berhati-hati dan tidak akan mengirimkan kode verifikasi kedua untuk menyelesaikan pencurian akun.

“WhatsApp adalah aplikasi pesan instan pertama yang mendukung fitur ini dan kami percaya bahwa kode verifikasi ganda bisa menjadi solusi utama untuk mencegah akun di curi ketika verifikasi dua langkah tidak di aktifkan,” kata WA beta info.

Sayangnya, fitur ini masih dalam pengembangan, sehingga belum tersedia untuk penguji beta. Belum di ketahui kapan fungsi ini akan di rilis untuk semua pengguna WhatsApp.

Sambil menunggu fitur ini di luncurkan, Anda dapat meningkatkan keamanan akun WhatsApp Anda dengan mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur PIN enam digit dan setiap kali Anda masuk ke ponsel baru, WhatsApp akan meminta Anda untuk memasukkan PIN tersebut.

Ayo simak juga ulasan berikut ini : Soal Latihan, semoga bermanfaat artikel kali ini!

Exit mobile version