Wordpress

Internet Explorer pensiun, perusahaan setengah Jepang pusing

Internet Explore

Jakarta – Internet Explorer secara resmi di hentikan oleh Microsoft setelah hampir 27 tahun.

Mungkin tidak banyak pengguna umum yang terpengaruh oleh keputusan ini, tetapi ternyata banyak lembaga dan perusahaan pemerintah Jepang yang bingung.

Ini karena Internet Explorer masih menjadi browser pilihan untuk bisnis dan pemerintah di Jepang.

Jepang menggunakan Internet Explore

Survei Net Keyman menemukan bahwa 48,9% dari 350 perusahaan Jepang yang di survei masih menggunakan Internet Explorer pada Maret 2022.

Perusahaan mengatakan mereka menggunakan Internet Explorer ketika mereka perlu melakukan bisnis dengan lembaga pemerintah yang secara khusus memerlukan penggunaan Internet Explorer.

Mereka juga menggunakan Internet Explorer untuk menguji situs web dan aplikasi baru karena harus dapat di akses di semua browser.

Sementara di Jepang, Google Chrome dan Edge adalah browser yang dominan.

Menurut data StatCounter, 61,11% pengguna internet di Jepang menggunakan Chrome, di ikuti oleh 21,49% untuk Edge dan 2,56% untuk Internet Explorer.

Bagi pebisnis atau developer yang masih ingin menggunakan Internet Explorer, Microsoft menawarkan fitur IE Mode yang dapat di akses di browser Edge.

Menurut survei Net Keyman, 10,3% perusahaan Jepang menggunakan fitur ini.

Bahkan, sejak tahun lalu, Microsoft telah mengundang orang untuk beralih dari Internet Explorer ke Microsoft Edge dan browser lainnya.

Namun tampaknya banyak perusahaan Jepang yang menunda proses transisi tersebut.

Dampak Pensiunnya Internet Explore

Setelah Internet Explorer di hentikan, banyak perusahaan, organisasi pemerintah, lembaga keuangan, dan pengecer Jepang langsung beralih ke pengembang perangkat lunak seperti Computer Engineering & Consulting.

“Mereka sudah tahu, tapi belum sempat. Kebingungan ini akan berlanjut selama beberapa bulan,” kata seorang pejabat dari Computer Engineering & Consulting, seperti di kutip The Japan Times, Kamis (16/6/2022).

Internet Explorer sendiri pertama kali di perkenalkan pada tahun 1995 sebagai bagian dari Windows 95. Browser ini sempat mendominasi hingga pertengahan tahun 2000-an.

Popularitas Internet Explorer mulai menurun karena kinerjanya yang lambat dan fitur yang tertinggal dari browser pesaing.

Namun Microsoft merilis versi terbaru dan terakhir dari Internet Explorer pada tahun 2015 dan sejak itu mulai pindah ke Edge berbasis Chromium.

Ayo simak juga ulasan berikut ini : Aku Bukan Untukmu, semoga bermanfaat artikel kali ini!

Exit mobile version